• RSS
Baca Juga >>
Loading...

Saturday, May 18, 2013

Trik Cara melihat spesifikasi computer di Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8

in dan Windows 8 , GORESAN , Tips n Trick , Trik Cara melihat spesifikasi computer di Windows XP , windows 7 , Windows Vista
Trik Cara melihat spesifikasi computer di Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8

Assalamualaikum,

Kali ini ane mau share bagaimana cara melihat spesifikasi komputer atau laptop dengan OS windows xp, vista, windows 7, maupun windows 8…

spesifikasi komputer


Spesifikasi sebuah komputer bisa kita ketahui tanpa harus membuka casing computer atau laptop dan melihat satu persatu komponennya, nah di Windows vista dan 7 sobat bisa mendapatkan informasi spesifikasi komputer dengan cara membuka Windows Explorer kemudian klik kanan di "Computer" lalu pilih "Properties", nanti akan muncul jendela yang berisi informasi mengenai jenis processor apa yang anda gunakan beserta clock speed-nya, berapa kapasitas RAM (memori internal), jenis sistem operasi-nya, dan lain-lain. Nah jika anda ingin mengetahui motherboard dan VGA apa yang anda gunakan anda bisa melihat informasinya dengan cara mengklik tulisan "Windows Experience Index" berwarna biru, kemudian anda cari dan klik tulisan "View and print detailed performance and system information", nanti akan muncul jendela seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas, disitu anda bisa melihat merk dan model motherboard anda, VGA dan lain sebagainya.

Cara melihat spesifikasi hardware di windows vista, windows XP, windows 7, dan windows 8.

 Ada beberapa cara untuk melihat spesifikasi hardware yang terpasang di komputer. Selain menggunakan system information,bisa juga menggunakan directX diagnostic tool. atau software gratisan dan komersil yang dibuat untuk mendeteksi spesifikasi hardware komputer. Dengan berbagai tools tersebut anda bisa melihat spesifikasi hardware (perangkat keras) yang terpasang di dalam komputer.

Untuk menggunakan directX diagnostic untuk mengetahui hardware computer windows semua versi lakukan prosedur berikut:

   1. Tekan Tombol home windows (gambar ikon windows) + R (huruf R), maka akan muncul kotak “Run”
   2. Pada kotak isian ketik “dxdiag” (tanpa tanda petik) kemudian tekan enter
   3. Akan muncul tampilan DirectX Diagnostic Tool

Khusus windows 7 dan windows 8, cara yang digunakan bias lebih mudah,

   1.      Tekan Tombol home windows (gambar ikon windows)
   2.      Kemudian langsung ketik “dxdiag” (tanpa tanda petik), dan enter
   3.      Akan muncul tampilan DirectX Diagnostic Tool

Pada window  DirectX Diagnostic Tool terlihat, jenis hardware yang terpasang di komputer anda seperti jenis processor, kapasitas memori, system operasi, jenis vga, jenis soundcard, LAN, dll.

Catatan:
Jika komputer /notebook menggunakan vga onboard, maka kapasitas memory yang ditampilkan merupakan hasil pengurangan antara kapasitas memori fisik dengan memory yang digunakan oleh vga.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…


Wassalamualaikum.. J
Comments
11 Comments

11 komentar